Konsep sehat
Memahami konsep sehat
dan sakit
Sebagai makhluk hidup manusia memiliki kesamaan dengan
makhluk lainnya, yakni lahir, tumbuh, berkembang, mengalami dinamika
stabil-labil, sehat-sakit, normal-abnormal, dan berakhir dengan kematian.
Berbeda dengan hewan, manusia adalah makhluk yang bisa menjadi subjek dan objek
sekaligus, oleh karna itu manusia selalu tertarik untuk membicarakan,
menganalisa dan melakukan hal-hal yang diperlukan dan teknologi yang disusun
dan dibangun oleh manusia adalah untuk kepentingan diri manusia itu sendiri,
menyangkut kesehatanya, kenyamannya, kesejahteraannya dan semua hal yang
dipandang dapat meningkatkan kualitas hidupnya. Meski demikian, banyak hal yang
dilakukan oleh manusia tak jarang justru membuat manusia menjadi semakin tidak
sehat dan tidak nyaman dalam hidupnya. Sehari-hari kita mendengarkan istilah sehat wal afiat untuk menyebut kondisi
kesehatan yang prima, tetapi kita merujuk kepada istilah itu yakni “as shihhah waal afiyah” disitu ada dua
dimensi pengertian.kata ‘sehat’ merujuk pada fungsi, sedangkan kata ‘afiat’
merujuk kepada kesesuaian dengan maksud pencipta. Mata yang sehat adalah mata
yang digunakan untuk melihat tanpa alat bantu, sedangkan mata yang afiat adalah
mata yang tidak bisa digunakan untuk melihat sesuatu yang dilarang melihatnya,
misalnya mengintip orang mandi, karena maksud Tuhan menciptakan mata adalah
sebagai petunjuk pada kebenaran, membedakannya dari yang salah.
Kita bukan hanya mengenal kesehatan tubuh,
tetapi juga ada kesehatan mental dan bahkan kesehatan masyarakat. Jika kita
menengok bangsa kita sekarang, nampaknya bangsa ini memamang tidak sehat dan
juga tidak afiat, akibatbya banyak hal menjadi tidak berfungsi. Jika kita sakit
gigi, maka kita pergi kedokter gigi, jika kita sakit perut kita pergi kedokter
penyakit dalam. Nah problemnya ada orang yang secara fisik ia sehat tetapi ia
mengalami gangguan sehingga fisiknya pun
kurang berfungsi.secara medik ia sehat, tetapi ia merasa tidak sehat sehingga
ia tidak bisa berpikir, tidak bisa konsentrasi, tidak bisa tidur. Ada orang
penyandang cacat tetapi pikirannya jernih gagasannya cemerlang dan ia ceria
menjalani hidupnya, sementara ada orang yang secara fisik sehat dan memiliki
semua kebutuhan fasilitas tetapi justru pikiran nya kacau, tundakannya kacau
dan ia tidak bisa menikmati hidup ini. Sering kita mendengar ungkapan bahwa
orang itu yang hatinya yang pentung jiwanya. Dalam perspektif ini hakikat
manusia adalah jiwanya. Orang gila secara fisik adalah manusia, tetapi ia sudah
tidak diperhitungkan karena jiwanya sakit (tidak berfungsi). Di maki-maki orang
gila orang tidak tersinggung, karena jika tersinggung apalagi membalas maka itu
menunjukkan serumpun. Orang gila tidak menyadari sakitnya tetapi orang yang
mengalami kejiwaan, ia menyadari jiwanya sedang terganggu. Orang gila tidak bisa
berpikir mengena dirinya, sedangkan orang yang terganggu kejiwaanya justru
selalu berpikir dan bertanya, mengapa aku begini. Dari ini, maka kita mengenal
ada rumah sakit umum, rumah sakit jiwa, dan lembaga bimbingan mental atau
konseling(EL Qudsy, 1989: 45).
Sejarah
Perkembangan Kesehatan Mental
Ada bukti
dibatasi oleh untuk menilai keberadaan atau sifat gangguan mental sebelum
catatan tertulis. psikologi evolusi menunjukkan bahwa beberapa disposisi
genetik yang mendasari, mekanisme psikologis dan tuntutan sosial yang hadir,
meskipun beberapa gangguan mungkin telah berkembang dari suatu ketidaksesuaian
antara lingkungan leluhur dan kondisi modern.Beberapa kelainan perilaku
istimewa telah ditemukan pada kera besar non-manusia.
Ada bukti dari
zaman Neolitik dari praktek trepanation (memotong lubang besar ke dalam
tengkorak), mungkin sebagai upaya untuk menyembuhkan penyakit yang mungkin
telah memasukkan gangguan mental.
1. Mesir dan
Mesopotamia
catatan Limited
dalam dokumen Mesir kuno yang dikenal sebagai papirus Ebers muncul untuk
menggambarkan kondisi gangguan konsentrasi dan perhatian, dan gangguan emosi di
hati atau pikiran. Beberapa ini telah ditafsirkan sebagai menunjukkan apa
yang kemudian akan disebut histeria dan melankolis. perawatan somatik
biasanya termasuk menerapkan cairan tubuh saat membaca mantra
magis. Halusinogen mungkin telah digunakan sebagai bagian dari ritual
penyembuhan. candi agama mungkin telah digunakan sebagai terapi retret,
mungkin untuk induksi negara reseptif untuk memudahkan tidur dan menafsirkan
mimpi
2. India
Kuno suci Hindu
dikenal sebagai Ramayana dan Mahabharata berisi uraian fiksi negara depresi dan
kecemasan. gangguan mental pada umumnya dianggap mencerminkan entitas
metafisik abstrak, agen supranatural, ilmu sihir atau ilmu sihir. Sebuah
karya yang dikenal sebagai Samhita Charaka dari sekitar tahun 600 SM, bagian
dari Ayurveda Hindu (“pengetahuan tentang kehidupan”), melihat sakit sebagai
akibat dari ketidakseimbangan antara tiga jenis cairan tubuh atau kekuatan yang
disebut (Dosha).tipe kepribadian yang berbeda juga dijelaskan, dengan
kecenderungan yang berbeda untuk kekhawatiran atau kesulitan.Disarankan
menyebabkan termasuk diet yang tidak pantas, tidak menghormati terhadap, guru
dewa atau lainnya; shock mental karena ketakutan yang berlebihan atau sukacita;
dan aktivitas tubuh yang salah. Perlakuan termasuk penggunaan bumbu dan
salep, daya tarik dan doa, persuasi moral atau emosional, dan mengejutkan
orang.
3. China
Gangguan Jiwa
dirawat terutama di bawah Pengobatan Tradisional Cina dengan herbal, akupuntur
atau “terapi emosional”. Canon Batin Kaisar Kuning dijelaskan gejala,
mekanisme dan terapi untuk penyakit mental, yang menekankan hubungan antara
organ-organ tubuh dan emosi. Kondisi tersebut diperkirakan terdiri dari
lima tahap atau elemen dan ketidakseimbangan antara Yin dan Yang.
4. Ibrani dan
Israel
Bangsa kuno
Israel dibentuk oleh orang-orang dengan asal di Mesopotamia dan
Mesir. Konsep Allah yang tunggal, secara bertahap diartikulasikan dalam
Yudaisme, menyebabkan pandangan bahwa gangguan mental bukan masalah seperti
yang lain, yang disebabkan oleh salah satu dewa, tetapi lebih disebabkan oleh
masalah dalam hubungan antara individu dan Tuhan. Ayat-ayat dari Alkitab
Ibrani / Perjanjian Lama telah ditafsirkan sebagai gangguan menggambarkan suasana
di tokoh-tokoh seperti Ayub, Raja Saul dan dalam Mazmur Daud.
Periode Modern
16 ke abad
18
Beberapa orang
mental terganggu mungkin telah menjadi korban dari penyihir-perburuan yang
tersebar di gelombang di Eropa modern awal Namun,. Yang dinilai gila
semakin mengakui lokal, poorhouses workhouses dan penjara-penjara (khususnya
“orang miskin gila”) atau kadang-kadang ke madhouses swasta baru
Pengekangan dan kurungan paksa digunakan untuk mereka yang diduga berbahaya
terganggu atau berpotensi kekerasan terhadap diri mereka sendiri, orang lain
atau properti. Yang terakhir ini mungkin tumbuh dari pengaturan
penginapan bagi individu tunggal (yang, dalam workhouses, dianggap
mengganggu atau tidak bisa diatur), maka ada beberapa catering yang masing-masing
hanya segelintir orang, maka mereka secara bertahap diperluas (misalnya 16 di
London pada tahun 1774, dan 40 oleh 1819). Pada pertengahan abad ke-19
akan ada 100 sampai 500 narapidana di masing-masing. Pengembangan jaringan
ini madhouses telah dikaitkan dengan hubungan sosial kapitalis baru dan suatu
perekonomian jasa, itu berarti keluarga tidak lagi mampu atau mau memelihara
sanak terganggu.
Madness secara
umum digambarkan dalam karya sastra, seperti memainkan Shakespeare.
Pada akhir abad
ke-17 dan ke Pencerahan, kegilaan semakin dilihat sebagai fenomena fisik
organik, tidak lagi melibatkan jiwa atau tanggung jawab moral. Sakit
mental yang biasanya dipandang sebagai binatang liar tidak sensitif. Harsh
pengobatan dan menahan diri dalam rantai dilihat sebagai terapi, membantu
menekan nafsu hewan. Ada kadang-kadang fokus pada manajemen lingkungan
madhouses, dari diet untuk latihan rezim terhadap jumlah
pengunjung. perlakuan berat somatik digunakan, mirip dengan yang di abad
pertengahan pemilik rumah gila kadang-kadang membanggakan kemampuan mereka
dengan cambuk. Perawatan di rumah sakit jiwa beberapa masyarakat juga
barbar, sering sekunder ke penjara. Yang paling terkenal adalah Bedlam di
mana pada satu penonton waktu bisa membayar satu sen untuk menonton para
tahanan sebagai bentuk hiburan.
Konsep yang
berbasis di teori humoral secara bertahap memberi jalan untuk metafora dan
terminologi dari mekanik dan lain ilmu fisika berkembang. Kompleks skema
baru dikembangkan untuk klasifikasi gangguan mental, dipengaruhi oleh muncul
sistem untuk klasifikasi biologis organisme dan klasifikasi medis penyakit.
Istilah “gila”
(dari Inggris Pertengahan berarti retak) dan gila (dari bahasa Latin yang
berarti tidak sehat insanus) datang berarti gangguan mental dalam periode
ini. The “gila”, jangka panjang digunakan untuk merujuk pada gangguan
periodik atau epilepsi, kemudian menjadi identik dengan
kegilaan. ”Madness”, lama digunakan dalam bentuk akar setidaknya sejak
abad-abad awal Masehi, dan awalnya berarti cacat, sakit atau bodoh, datang ke
berarti kehilangan akal atau menahan diri. ”Psikosis”, dari bahasa Yunani
“prinsip hidup / animasi”, telah bervariasi penggunaan mengacu pada suatu
kondisi pikiran / jiwa. ”Gugup”, dari akar Indo-Eropa yang berarti angin
atau twist, otot berarti atau kekuatan, diadopsi oleh fisiologi untuk merujuk
kepada proses elektrokimia sinyal tubuh (sehingga disebut sistem saraf), dan
kemudian digunakan untuk merujuk kepada gangguan saraf dan
neurosis. ”Obsession”, dari akar bahasa Latin yang berarti untuk duduk pada
atau duduk melawan, awalnya dimaksudkan untuk mengepung atau dimiliki oleh roh
jahat, datang berarti ide tetap yang bisa terurai pikiran.
Dengan
meningkatnya madhouses dan profesionalisasi dan spesialisasi kedokteran, ada
insentif yang cukup besar untuk petugas medis untuk terlibat. Pada abad
ke-18, mereka mulai saham klaim monopoli atas madhouses dan perawatan.Madhouses
bisa menjadi bisnis yang menguntungkan, dan banyak meraup keuntungan besar dari
mereka. Ada beberapa mantan pasien reformis borjuis yang menentang rezim
sering brutual, menyalahkan baik pemilik rumah gila dan tenaga medis, yang pada
gilirannya menolak reformasi.
Menjelang akhir
abad ke-18, sebuah gerakan moral dikembangkan pengobatan, yang menerapkan
pendekatan yang lebih manusiawi, psikososial dan personal. tokoh terkemuka
termasuk Vincenzo Chiarugi medis di Italia di bawah kepemimpinan Pencerahan;
inspektur Pussin mantan-pasien dan petugas medis psikologis cenderung Phillipe
Pinel di Perancis revolusioner, kaum Quaker di Inggris, yang dipimpin oleh
pengusaha William Tuke, dan kemudian, di Amerika Serikat,
kampanye Dorothea Dix.
Philippe Pinel
di Perancis dan William Tuke dari Inggris
adalah salah satu contoh orang yang berjasa dalam mengatasi dan menanggulangi
orang-orang yang terkena penyakit mental. Masa-masa Pinel dan Tuke ini
selanjutnya dikenal dengan masa pra ilmiah karena hanya usaha dan praksis yang
mereka lakukan tanpa adanya teori-teori yang dikemukakan.
Masa selanjutnya
adalah masa ilmiah, dimana tidak hanya praksis yang dilakukan tetapi berbagai
teori mengenai kesehatan mental dikemukakan. Masa ini berkembang seiring dengan
berkembangnya ilmu pengetahuan alam di Eropa.
Dorothea Dix
merupakan seorang pionir wanita dalam usaha-usaha kemanusiaan berasal dari
Amerika. Ia berusaha menyembuhkan dan memelihara para penderita penyakit mental
dan orang-orang gila. Sangat banyak jasanya dalam memperluas dan memperbaiki kondisi
dari 32 rumah sakit jiwa di seluruh negara Amerika bahkan sampai ke Eropa. Atas
jasa-jasa besarnya inilah Dix dapat disebut sebagai tokoh besar pada abad
ke-19.
Tokoh lain yang
banyak pula memberikan jasanya pada ranah kesehatan mental adalah Clifford
Whittingham Beers (1876-1943). Beers pernah sakit mental dan dirawat selama
dua tahun dalam beberapa rumah sakit jiwa. Ia mengalami sendiri betapa kejam
dan kerasnya perlakuan serta cara penyembuhan atau pengobatan dalam
asylum-asylum tersebut. Sering ia didera dengan pukulan-pukulan dan
jotosan-jotosan, dan menerima hinaan-hinaan yang menyakitkan hati dari
perawat-perawat yang kejam. Dan banyak lagi perlakuan-perlakuan kejam yang
tidak berperi kemanusiaan dialaminya dalam rumah sakit jiwa tersebut. Setelah
dirawat selama dua tahun, beruntung Beers bisa sembuh.
Di dalam bukunya
”A Mind That Found Itself”, Beers tidak hanya melontarkan tuduhan-tuduhan
terhadap tindakan-tindakan kejam dan tidak berperi kemanusiaan dalam
asylum-asylum tadi, tapi juga menyarankan program-program perbaikan yang
definitif pada cara pemeliharaan dan cara penyembuhannya. Pengalaman pribadinya
itu meyakinkan Beers bahwa penyakit mental itu dapat dicegah dan pada banyak
peristiwa dapat disembuhkan pula. Oleh keyakinan ini ia kemudian menyusun satu
program nasional, yang berisikan:
1. Perbaikan
dalam metode pemeliharaan dan penyembuhan para penderita mental.
2. Kampanye memberikan informasi-informasi agar orang mau bersikap lebih inteligen dan lebih human atau berperikemanusiaan terhadap para penderita penyakit emosi dan mental.
3. Memperbanyak riset untuk menyelidiki sebab-musabab timbulnya penyakit mental dan mengembangkan terapi penyembuhannya.
4. Memperbesar usaha-usaha edukatif dan penerangan guna mencegah timbulnya penyakit mental dan gangguan-gangguan emosi.
2. Kampanye memberikan informasi-informasi agar orang mau bersikap lebih inteligen dan lebih human atau berperikemanusiaan terhadap para penderita penyakit emosi dan mental.
3. Memperbanyak riset untuk menyelidiki sebab-musabab timbulnya penyakit mental dan mengembangkan terapi penyembuhannya.
4. Memperbesar usaha-usaha edukatif dan penerangan guna mencegah timbulnya penyakit mental dan gangguan-gangguan emosi.
William James
dan Adolf Meyer, para psikolog besar, sangat terkesan oleh uraian Beers
tersebut. Maka akhirnya Adolf Meyer-lah yang menyarankan agar ”Mental Hygiene”
dipopulerkan sebagai satu gerakan kemanusiaan yang baru. Dan pada tahun 1908
terbentuklah organisasi Connectitude Society for Mental Hygiene. Lalu pada
tahun 1909 berdirilah The National Committee for Mental Hygiene, dimana Beers
sendiri duduk di dalamnya hingga akhir hayatnya
PENDEKATAN
KESEHATAN MENTAL
Orientasi klasik
Orientasi klasik yang umumnya digunakan
dalam kedokteran termasuk psikiatri mengartikan sehat sebagai kondisi tanpa
keluhan, baik fisik maupun mental. Orang yang sehat adalah orang yang tidak
mempunyai keluhan tentang keadaan fisik dan mentalnya. Sehat fisik artinya
tidak ada keluhan fisik. Sedang sehat mental artinya tidak ada keluhan mental.
Dalam ranah psikologi, pengertian sehat seperti ini banyak menimbulkan masalah
ketika kita berurusan dengan orang-orang yang mengalami gangguan jiwa yang gejalanya
adalah kehilangan kontak dengan realitas. Orang-orang seperti itu tidak merasa
ada keluhan dengan dirinya meski hilang kesadaran dan tak mampu mengurus
dirinya secara layak. Pengertian sehat mental dari orientasi klasik kurang
memadai untuk digunakan dalam konteks psikologi. Mengatasi kekurangan itu
dikembangkan pengertian baru dari kata ‘sehat’. Sehat atau tidaknya seseorang
secara mental belakangan ini lebih ditentukan oleh kemampuan penyesuaian diri
terhadap lingkungan. Orang yang memiliki kemampuan menyesuaikan diri dengan
lingkungannya dapat digolongkan sehat mental. Sebaliknya orang yang tidak dapat
menyesuaikan diri digolongkan sebagai tidak sehat mental.
Orientasi penyesuaian diri
Dengan menggunakan orientasi penyesuaian
diri, pengertian sehat mental tidak dapat dilepaskan dari konteks lingkungan
tempat individu hidup. Oleh karena kaitannya dengan standar norma lingkungan
terutama norma sosial dan budaya, kita tidak dapat menentukan sehat atau
tidaknya mental seseorang dari kondisi kejiwaannya semata. Ukuran sehat mental
didasarkan juga pada hubungan antara individu dengan lingkungannya. Seseorang
yang dalam masyarakat tertentu digolongkan tidak sehat atau sakit mental bisa
jadi dianggap sangat sehat mental dalam masyarakat lain. Artinya batasan sehat
atau sakit mental bukan sesuatu yang absolut. Berkaitan dengan relativitas
batasan sehat mental, ada gejala lain yang juga perlu dipertimbangkan. Kita
sering melihat seseorang yang menampilkan perilaku yang diterima oleh
lingkungan pada satu waktu dan menampilkan perilaku yang bertentangan dengan
norma lingkungan di waktu lain. Misalnya ia melakukan agresi yang berakibat
kerugian fisik pada orang lain pada saat suasana hatinya tidak enak tetapi
sangat dermawan pada saat suasana hatinya sedang enak. Dapat dikatakan bahwa
orang itu sehat mental pada waktu tertentu dan tidak sehat mental pada waktu
lain. Lalu secara keseluruhan bagaimana kita menilainya? Sehatkah mentalnya?
Atau sakit? Orang itu tidak dapat dinilai sebagai sehat mental dan tidak sehat
mental sekaligus.
Dengan contoh di atas dapat kita pahami
bahwa tidak ada garis yang tegas dan universal yang membedakan orang sehat
mental dari orang sakit mental. Oleh karenanya kita tidak dapat begitu saja
memberikan cap ‘sehat mental’ atau ‘tidak sehat mental’ pada seseorang. Sehat
atau sakit mental bukan dua hal yang secara tegas terpisah. Sehat atau tidak
sehat mental berada dalam satu garis dengan derajat yang berbeda. Artinya kita
hanya dapat menentukan derajat sehat atau tidaknya seseorang. Dengan kata lain
kita hanya bicara soal ‘kesehatan mental’ jika kita berangkat dari pandangan
bahwa pada umumnya manusia adalah makhluk sehat mental, atau ‘ketidak-sehatan
mental’ jika kita memandang pada umumnya manusia adalah makhluk tidak sehat
mental. Berdasarkan orientasi penyesuaian diri, kesehatan mental perlu dipahami
sebagai kondisi kepribadian seseorang secara keseluruhan. Penentuan derajat
kesehatan mental seseorang bukan hanya berdasarkan jiwanya tetapi juga
berkaitan dengan proses pertumbuhan dan perkembangan seseorang dalam
lingkungannya.
Orientasi pengembangan potensi
Seseorang dikatakan mencapai taraf
kesehatan jiwa, bila ia mendapat kesempatan untuk mengembangkan
potensialitasnya menuju kedewasaan, ia bisa dihargai oleh orang lain dan
dirinya sendiri. Dalam psiko-terapi (Perawatan Jiwa) ternyata yang menjadi
pengendali utama dalam setiap tindakan dan perbuatan seseorang bukanlah akal
pikiran semata-mata, akan tetapi yang lebih penting dan kadang-kadang sangat
menentukan adalah perasaan. Telah terbukti bahwa tidak selamanya perasaan
tunduk kepada pikiran, bahkan sering terjadi sebaliknya, pikiran tunduk kepada
perasaan. Dapat dikatakan bahwa keharmonisan antara pikiran dan perasaanlah yang
membuat tindakan seseorang tampak matang dan wajar.
Sehingga dapat dikatakan bahwa tujuan
Hygiene mental atau kesehatan mental adalah mencegah timbulnya gangguan mental
dan gangguan emosi, mengurangi atau menyembuhkan penyakit jiwa serta memajukan
jiwa. Menjaga hubungan sosial akan dapat mewujudkan tercapainya tujuan
masyarakat membawa kepada tercapainya tujuan-tujuan perseorangan sekaligus.
Kita tidak dapat menganggap bahwa kesehatan mental hanya
sekedar usaha untuk mencapai kebahagiaan
masyarakat, karena kebahagiaan masyarakat itu tidak akan menimbulkan
kebahagiaan dan kemampuan individu secara otomatis, kecuali jika kita masukkan
dalam pertimbangan kita, kurang bahagia dan kurang menyentuh aspek individu,
dengan sendirinya akan mengurangi kebahagiaan dan kemampuan sosial.
Sumber
:
Bagus Takwin staff UI
Rochman, kholil lur.2010.kesehatan
mental.Purwokerto:Fajar Media Press
0 komentar:
Posting Komentar