Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Pengertian Netiquette

Netiquette

Sama seperti di dunia nyata di mana orang berinteraksi dengan bertatap muka atau berkomunikasi melalui telepon, etika dan peraturan yang disepakati bersama harus diikuti. Internet adalah salah satu bentuk komunikasi lainnya di samping cara di atas, dan itulah mengapa “Netiquette” ini dibuat.
Pada dasarnya netiquette merupakan panduan untuk bersikap dan berperilaku atau aturan sesuai dengan kaidah normatif di lingkungan Internet. Dengan mematuhi peraturan ini, maka akan sangat bermanfaat dan membantu Anda dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain tanpa harus mengalami masalah atau tanpa harus mengalami salah pengertian dengan orang lain.
Beberapa aturan yang ada pada Nettiquete ini adalah:
  1. Amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti anda, mungkin dapat dimulai dari mengamankan komputer anda, dengan memasang anti virus atau personal firewall
  2. Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga anda dengan mudah mengupload data pribadi anda. ada baiknya anda harus betul-betul yakin bahwa alamat URL yang anda tuju adalah dijamin keamanannya.
  3. dan yang paling utama adalah, hargai pengguna lain di internet


Kesimpulan :
Jadi dalam menggunakan internet kita harus tahu aturan-aturan yang ada dalam dunia internet, jangan sampai kita salah mempergunakan informasi,dll yang ada diinternet dan yang paling penting adalah jangan biasakan menggunakan informasi secara sembarangan, misalnya plagiat, jangan  melakukan kejahatan dari internet misalnya pencurian no kartu kredit,jangan mengganggu privasi orang lain, dengan cara mencuri informasi yang sebenarnya terbatas. jangan menggunakan huruf kapital terlalu banyak, karena dengan menggunakan huruf kapital itu artikan kita sama saja dengan berteriak-teriak didepan umum, jangan flamming, trolling, junking saat berforum dan kita juga harus menghormati pengguna internet yang lainnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar